Vegetarian ala chandra iman

Ada sahabat saya yang bertanya, apakah saya menjadi seorang vegetarian karena alasan agama? jawabannya bukan. Setahu saya agama Buddha menganjurkan umatnya untuk menjadi seorang vegetarian (CMIIW).

Nah kalo bukan karena alasan agama, trus kenapa saya jadi seorang vegetarian? jawabannya ada di postingan ini: http://www.chandra.im/apa-yang-berubah-ketika-menjadi-seorang-vegetarian.html

Vegetarian ala chandra iman

Nah, karena bukan karena alasan agama, saya pun menentukan sendiri cara saya menjadi seorang vegetarian. Vegetarian ala saya adalah dengan tidak mengkonsumsi daging, semua daging, saya masih mengkonsumsi telur dan susu.

Ada seorang teman saya yang menjadi vegetarian tapi masih mengkonsumsi ikan, kalo saya sih ya sudah sekalian saja semua hewan tanpa kecuali.

Apakah saya pernah cheating ketika menjadi seorang vegetarian?

Saya tidak pernah cheating tapi beberapa hari setelah saya menjadi seorang vegetarian saya pernah secara tidak sengaja memakan siomay goreng (duh, jaman dulu sebelum jadi vegetarian, siomay goreng merupakan makanan yang paling diincar oleh teman sekantor hehe) tapi ketika sadar saya pun tidak melanjutkan untuk memakannya.

Apakah menjadi seorang vegetarian mempengaruhi kehidupan berkeluarga?

Istri saya ketika saya kasih tahu bahwa saya menjadi seorang vegetarian seolah tidak percaya nasib jadi suami yang tidak dipercaya haha kemudian dia menyangka saya ikutan Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia, saya pun memberitahu bahwa saya memang ikut berpartisipasi dalam celengan bambu, dimana saya menyisihkan sebagian dari pendapatan saya untuk disumbangkan untuk kegiatan sosial Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia.

Ketika makan bersama, saya masih mengkonsumsi makanan yang sama dengan keluarga saya, hanya saja saya tidak memakan dagingnya. Saya pun tidak bermasalah dengan kuah yang tercampur dengan daging walaupun saya berusaha untuk menghindarinya sebisa saya.

Istri saya sudah mewanti-wanti agar saya tidak mempengaruhi gaya makan saya kepada anak saya, alasan istri saya adalah anak kecil masih membutuhkan makan yang bergizi untuk pertumbuhannya.

Yah inilah vegetarian ala chandra iman, bagaimana dengan vegetarian versi kamu? share yuk di komentar 🙂

Author: chandra iman

Saya seorang abah, suami & dosen \\ Penyuka media sosial \\ Cari saya @chandraiman di facebook dan twitter :)

2 thoughts on “Vegetarian ala chandra iman”

  1. Hai… ada sesi vegetarian lagi nih.
    Gak pa-pa dong komen ya
    Eike sih memang gak demen banget daging, tapi kalau ayam goreng boleh laaa
    Hahahaha
    Terus, kalau sudah banyak konsumsi langsung deh “dibilas” sama buah, sayuran dan air putih
    Alhamdullillah sehat walafiat.
    Jarang sakit.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge