Sayonara Kacang – Vegetarian tapi tetep kena asam urat

Pada suatu pagi, saya merasakan ada sesuatu yang aneh terjadi pada diri saya, tiba-tiba saya tidak bisa berjalan dengan normal seperti biasa.

Ada apa gerangan?Saya menyangka, ah paling ge karena kaki saya terbentur ketika tidur (maklum biasa mimpi jadi cowo petualang) tapi kok yang aneh adalah sakit di jari telunjuk pada kaki saya tidak kunjung pergi.

Kenapa yah?

Besoknya saya iseng pergi sendiri ke century yang ada di teras kota (ya kali perginya satu kosan) ternyata eh ternyata, hasil asam urat saya tinggi tinggi sekali, yaitu 9,7. (nyaris dapat angka 10, kurang sedikit lagi)

Kok aneh yah, pedahal saya vegetarian, tapi asam urat saya kenapa tinggi? Setahu saya asam urat tinggi karena makan seafood, makan jeroan…

Ah ternyata saya lupa, asam urat juga bisa karena kebanyakan makan kacang garuda, eh maksudnya kacang-kacangan, seperti kacang kulit, kacang tanah (lho khan sama, kenapa harus ditulis juga?) dan kacang-kacang yang lain.

Karena saya vegetarian saya banyak mengkonsumsi turunan dari kacang kedelai, yaitu tahu dan tempe, oh ya daya juga suka makan kacang bandung, kacang medan serta kacang bali.

Mungkin sayanya saja yang kurang tahu penyebab dari sakit asam urat, sekarang sih saya sudah tahu. Dari yang saya baca di internet, bir juga ternyata bisa menyebabkan asam urat lho, wah berat! Terutama untuk kamu yang suka bir.

Oh ya, selain karena jeroan, seafood, kacang dan bir (lah diulang lagi, nga apa-apa deh, demi SEO) asam urat juga bisa disebabkan oleh pemanis buatan dan juga melinjo alias tangkil dan anak melinjo alias emping.

Pokoknya mah selamat tinggal makanan enak, jangan kau goda lagi diriku, mungkin nanti sesekali aku akan mengigitmu, tapi tidak untuk saat ini.

Kesimpulan: walau kamu telah menjadi vegetarian, si asam urat masih suka mengintai, waspadalah, waspadalahhh.

Let food be thy medicine and medicine be thy food – Hippocrates

Ini kacangku

Author: chandra iman

Saya seorang abah, suami & dosen \\ Penyuka media sosial \\ Cari saya @chandraiman di facebook dan twitter :)

6 thoughts on “Sayonara Kacang – Vegetarian tapi tetep kena asam urat”

  1. Bukan hanya kacang kacangan om. Untuk menjaga asam urat berlebih, bagi vegetarian juga perlu mengurangi konsumsi sayuran yg mengandung purin tinggi contohnya seperti daun singkong, kangkung, dll (umumnya sayuran berwarna hijau)

    Semoga sehat terus ya sahabatku.

    1. Ah thanks untuk tambahan informasinya bro, iya untuk sayuran hijau seperti kangkung, daun singkong, dll i juga tidak mengkonsumsi, kapan atuh kita ngebubur bareng tapi nga pake kacang?

      Sehat selalu bro 🙂

  2. Ahai mampir sini ah…. Seperti kacang.. Haha…
    Ah, eta mah si a iman weh u lebay konsumsi kacang2an yak. Windi kalo masak kaga jauh tempe tahu…tapi si… 1 lonjor tempe buat 4 hari 4 org dirumah.haha… Semuanya blh asal gak lebay…
    Oia.. Gejala diatas buat pencerahan windi juga ni…. Em… Klo gejala yg muncul ditangan kira2 gmn ya??? Dulu pernah… Jempol sakit…. Tangan suka kesemutan juga… Dulu ada riwayat cts si tp ngeri… Klo trnyta asam urat…ogah….
    (Pernah cek kolesterol normal…6 bln yg lalu. Tapi blm tentu jg ya?)

    Moga cpt sembuh yaks, asiknya jd vegetarian…akuh mah msh suka sedih klo gk makan daging ay ay…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge