Pengalaman menggunakan BPJS ke Poli Mata Rumah Sakit Salak Bogor

Mata.

Sebuah organ tubuh yang sangat vital pada manusia karena dengan mata, manusia bisa melihat berbagai macam hal.

Beberapa hari yang lalu mama mertua saya mengeluh bahwa matanya sedikit terganggu, kemudian dia memeriksakan matanya di puskesmas dan meminta surat rujukan untuk memeriksakan matanya di rumah sakit dengan menggunakan BPJS.

Setelah mendapatkan surat rujukan dari puskesmas, saya pun mengantar ibu mertua saya ke Rumah Sakit Salak Bogor untuk memeriksakan matanya disana (poli mata).

Saya datang sendiri ke Rumah Sakit Salak Bogor pukul 07.00 untuk mengambil nomor antrian untuk pendaftaran, dan saya mendapatkan nomor urut 125. Waaaa! Oh ya loket pendaftaran sendiri baru buka pukul 08.00, loket pendaftaran dibagi menjadi 3 bagian: loket 1 dan 2 untuk pasien umum, loket 3 dan 4 untuk pasien BPJS dan loket 5 dan 6 untuk pasien TNI dan keluarganya. Nomor antrian juga dibagi tiga berdasarkan pembagian tadi.

Sewaktu saya menunggu ternyata ada tetangganya mama mertua saya yang sedang menunggu juga, dia bercerita bahwa dia datang ke RS Salak Bogor pukul 03.00! Nomor antrian sendiri baru dinyalakan pukul 05.00.

Saya cuma berpikir seandainya saja loket untuk BPJS bisa ditambah, tentunya pasien BPJS dapat lebih nyaman. Sebagai perbandingan ketika saya mengambil nomor urut ke 125, saya melihat nomor urut untuk pasien umum baru nomor 12, jadi bisa disimpulkan jumlah pasien umum dengan pasien BPJS adalah 1 berbanding 10.

Ketika menunggu ada informasi bahwa dokter syaraf hari itu tidak datang sehingga banyak pasien yang memilih untuk pulang dan saya pun diberi nomor antrian 12 oleh tetangga mama mertua saya. Horeee.

Sekitar pukul 09.00 nomor urut saya dipanggil kemudian saya menyerahkan surat rujukan dari puskesmas, Fotokopi kartu BPJS dan Fotokopi KTP, seharusnya saya menyerahkan kartu pasien, tetapi karena mama mertua saya belum memilikinya saya bilang kepetugasnya bahwa ini untuk pasien baru.

Petugas loket pendaftaran melayani saya dengan ramah. ternyata tidak ada perbedaan pelayanan antara pasien umum dengan pasien BPJS, Good Job RS Salak Bogor!

Setelah saya mendapatkan surat keterangan dari loket pembayaran saya pun menuju poli mata dan mendapatkan nomor urut lima, saya diinformasikan oleh suster penjaga disana bahwa donternya baru datang pukul 10.00, maka saya pun pulang terlebih dahulu untuk menjemput mama mertua saya.

Saya tiba di RS Salak Bogor pukul 10.00 dan masuk ke ruang dokter pukul 10.30, setelah itu saya menebus obat di apotik dan mendapatkan surat keterangan kacamata gratis yang bisa diambil di beberapa optik yang sudah berkejasama dengan BPJS. Oh ya BPJS hanya memberikan gratis kacamata sebesar Rp. 300.000,- saja dan berlaku 2 tahun sekali (atau 2 kali setahun) nanti coba saya lihat lagi di kertasnya.

Jam 11.00 saya dan mama mertua saya pulang dari RS Salak Bogor.

Jadi waktu yang dibutuhkan untuk mengurus BPJS adalah selama 4 jam yaitu dari pukul 07.00-11.00.

Sekedar tips jika ingin menggunakan BPJS di Rumah Sakit Salak dan tidak ingin mengantri lama adalah datang lebih awal untuk mengantri nomor antrian.

Author: chandra iman

Saya seorang abah, suami & dosen \\ Penyuka media sosial \\ Cari saya @chandraiman di facebook dan twitter :)

12 thoughts on “Pengalaman menggunakan BPJS ke Poli Mata Rumah Sakit Salak Bogor”

  1. iya mas, emang kalo kita pake bpjs harus lebih awal
    saya aja sama ibu saya datang jam 5-an di rs, padahal bukanya 7.30 🙂

    di sisi lain, jujur aja emang kami terbantu banget dengna bpjs
    contohnya waktu operasi, yang mencapai belasan juta itu gratis
    itu membuat kami bersyukur banget…

    1. Yup, lebih awal lebih baik untuk mengantri, kalo saja loketnya bisa diperbanyak tentunya masyarakat tidak perlu repot-repot untuk datang pagi 🙂 betul mas BPJS sangat membantu banget!

  2. Mas Chandra,mohon pencerahannya..optik yang bekerja sama dengan bpjs di daerah bogor itu optik apa aja ya mas?soalnya suami aku mau ganti kacamata dengan bpjs nih mas..udah sampai tahap resep dokter,tapi dokternya sendiri belum tau optik mana yang bisa pakai bpjs..mohon infonya y mas..thank you

  3. Anak saya di rawat di rs salak menggunakan bpjs pelayanan nya cukup baik, proses nya mudah ga bertele-tele
    Masuk IGD jam 3 pagi gak pake rujukan dari puskesmas tp ttp dilayani dengan baik dan langsung dapet kamar.
    Mdh’an pelayanan nya ga brubah ya dan terus di tingkatkan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge