Kaligata oh kaligata – penyebab dan obat kaligata

kaligata, apa sih penyebab kaligata dan obatnya?

kaligata oh kaligata

kaligata  sudah ga asing bagi saya, karena saya sudah mengalaminya entah ke yang berapa ratus kali (lebay mode:on) kaligata merupakan reaksi anafilaktik pada kulit atau jaringan dibawahnya. Menurut informasi yang saya kumpulkan, penyebab kaligata adalah ketika tubuh tidak dalam kondisi baik, bisa saja saat kelelahan, kurang tidur, stress, dll. Adapun faktor lainnya adalah:

  • Obat- obatan
  • Makanan (Telur, Kerang, Ikan, Kacang-kacangan, Susu)
  • Serbuk Sari
  • Debu
  • Gesekan
  • Tekanan Pakaian
  • Infeksi (amandel, gigi berlubang, dll.)
  • Serbuk binatang (kucing, dll)
  • Gigitan serangga
  • Air, Cahaya Matahari, panas, Dingin
  • Stress

Adapun gejala yang timbul saat kaligata adalah:

  • Gatal
  • Pembengkakan diatas kulit
  • Kulit berwarna merah
  • Bilur membesar ketika digaruk
  • Bentuknya berubah-ubah

Tidak disarankan ketika terjadi kaligata kita menggaruknya, karena bisa terjadi peradangan pada kulit.

Yang saya lakukan ketika kaligata adalah menggunakan bedak di daerah tersebut dan juga menggunakan baju lengan panjang. Ibu saya selalu berkata saat kaligata, kita tidak boleh terkena angin / kedinginan. Saya juga sarankan pergi ke dokter untuk diberikan obat untuk mengurangi gatal / anti gatal (antihistamin) kalo saya sih minta diresepkan juga obat anti galau hehe..

Tips dari saya tetep berpikiran positif, jadi tidak memikirkan gatalnya lebih baik melakukan kegiatan lain yang positif sehingga kita menjadi lebih positif pikirannya. Istirahat juga perlu lho. :)

Kaligata mempunyai bahasa kedokteran yakni urtikaria. Keren sih namanya, tapi kalo kena urtikaria/kaligata ini ampun deh. Oh ya kaligata ini bukan penyakit menular, jadi ga usah khawatir. Jika tergena kaligata segera ingat apa penyebabnya jadi kita bisa menghindari kaligata dilain waktu. Bisanya kalo saya sih karena perubahan suhu yang ekstrim, dari panas ke dingin atau berada di ruangan yang dinginnya ekstrim.

Kalo kamu sekarang sedang kaligata, ya sudah nikmatin aja, semoga lekas sembuh, kalo saya biasanya 1 hari -3 hari sembuh dengan sendirinya.

Pic: http://health.detik.com

VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 3.9/5 (11 votes cast)
Kaligata oh kaligata - penyebab dan obat kaligata, 3.9 out of 5 based on 11 ratings

chandra iman

Saya seorang abah, suami & dosen \\ Penyuka media sosial \\ Cari saya @chandraiman di facebook dan twitter :)

You may also like...

273 Responses

  1. windi says:

    Dulu waktu sekolah di IGTC, setahun kena kaligata. Mungkin karena dingin + tekanan en deuhhhh STRESSS! gara-gara belajar seharian terus + tugas seABREG… dikira bakal selamanya, cos kalo udah muncul, berubah daghh dari peri ke … ^^ (kaya yg di tipi-tipi noh..)

    Alhamdulillah… akhirnyahh dapat jodoh juga (eh salah !!) maksutnya sembuh juga… muaci sharenya ya akhirnya bisa ngeluarin uneg-uneg..

  2. ira cute says:

    addaawww.. saat ini aku kena kaligataaaa.. :'( gaatttteeeeel bget bro.. ga bisa bobo’ sedddiiihhh..

  3. aji says:

    nah itu tuh penyakit yang bikin BT se BETE-BETE nya apalagi kalau udah pake skinny jeans terus dalam keadaan nyupir motor

    tapi saya kasiih tambahan biasanya kalau KALIGATA gitu di kompres pake air panas biasanya sih aku langsung ilang

  4. Hinata hyuga says:

    Aku lagi uas malah kaligata aduuuuh

  5. nazrudhen says:

    ampun ampe bngun nich g bs Zzzzz( ̄  ̄人) lg..kena kaligata gatel nya g nahan

  6. sandi says:

    alhamdulillah teman2…kaligataku lg kambuh,,guatel….

  7. Alam Naga says:

    kaligata, kali gatal, gatel kali…. hhuuuuu
    gw lagi kena nehhhhh

  8. dimas willy prayoga says:

    hahaha thank you sobb akhirnya nemu juga yg sederhana obatnya :D baru inget ada bedak gatel juga ;)

  9. Wenny Widiastuti says:

    Sya dlu jga srg kena kaligata ..itu pas sya lagi demam tinggi br mncul kaligatanya . Kaligata yg wktu itu besar besar . Nah stlh yg itu hilang . Skrg mncul yang lain lagi jenisnya ,bentol kecil kecil merah . Bentolnya kayak lagi merinding . Munculnya kalo saya lagi keringtan dan trkena panas Nah sya hrus gmn sedngkn sya hrs mlkukan aktifitaa diluar dan brkringat

  10. Dika says:

    ampun dah, besok udah mau ngajar lagi malah terkena kaligata :(
    malu saya ke sekolah dlm keadaan kayak gini.

  11. may says:

    aku langganan kaligata dah sejak Smp ada hikmahnya sih… jd kalo lg kambuh jd punya alesan bwt bolos sekolah he….

  12. anny says:

    Kalo pas kaligata aku gak betah kalo gak mandi kang, jadinya mandi pake air hangat yang pake sirih yang akat ortu bisa ngurangin gatal. Setelahnya baru dibubuhi bedak salycil di sekujur tubuh dan pakai baju yang tertutup lalu tidur deh :D
    Kalo gatal sampe gak kuat banget aku baru minum obat yg diberikan dokter.

  13. Siti jenar says:

    Terasa sendiri aj nich yg punya kaligata, kgk nahan aduuh gatalny!
    Mana dari ujung kepala ampe kaki semua pd gataaal,
    ad yg punya tips nya!!
    Tolooong donk, capek nich!

  14. sekar says:

    Udah hampir sebulan gatalnya hilang tmbul..udah ke dokter n gak sembuh. Kmaren ke dokter lagi n katanya krn kaligata. Ampun2 gatelnya. Makin digaruk makin gatel pdhal udah disuntik n dikasih obat 4 macem tp tetep gatel.

    • chandra iman says:

      halo sekar… wah bisa sampai 1 bulan… mungkin ada makanan yang membuat kamu alergi, sebaiknya tidak mengkonsumsi makanan tersebut, kondisi lingkungan juga mempengaruhi, semoga cepat pulih yaaa

  15. halin says:

    Ampun dah ni kaligata apasih obat yang paling manjurrrrrrrrrrrr.
    Dah lama kena tapi gx sembuh”.
    Ayo dung bagi” obatnya.

  16. Nanda Serafina says:

    kalo udah kena tuh urtikaria, mandi minyak kayu putih dah. saking banyaknya minyak kayu putih yg ditumbahin ke badan.

  17. orin says:

    aq lg kena kaligata nichh…bru petama kli.abz plg dr cihideung bandung.kta suamiq krna blom terbiasa cuaca dingin.maklum aq bru 2 bln di bandung yg awlnya dr madura.CTM gk ngaruh.bdak herocin apalgi.bdanq smpek pnas klo dah kambuh.dah 2mggu gk smbuh2…tlong sarannya.mkanan apa yg hrus saya hindari?obatnya ap?

    • chandra iman says:

      halo orin, ya kadang perubahan suhu yang ekstrim bisa menimbulkan kaligata, gunakan bedak anti gatal, bisa juga minta diresepkan obat anti gatal dari dokter, jaga suhu badan agar tidak terlalu dingin dengan memakai jaket/sweater, semoga cepat sembuh yahh :)

  18. dayat says:

    obat kaligata yg ampuh obat ap.n??

  19. winda says:

    thanks sarannya.. aku lg kena kaligata nih.. skg mgkin pake obat yg alami dlu ama minyak kayu putih.. tp klo masih blum ilang paling jg bakal ke dokter :)

  20. faizal says:

    saya dari SD sampe skrng umur 20thun masih punya penyakit kaligata,,,
    penyakit nya kadang2 timbulnya,,,

    ada saran biar penyalit kaligata sembuh untuk selamanya,,???

  21. deo says:

    coba deh klo yang kena kaligata ini ada resepnya
    ambil beberapa helai daun sambiloto (helai) + pucuk nya dikit
    rebus air lalu tuangkan dalam gelas yang berisi daun sambiloto (gelas takar kopi abc)
    masukin air nya setengah gelas kopi aja.
    tunggu dingin lalu minum
    sehari 2x… makan dulu sebelum minum hasil air nya.
    diulang sampe sembuh biasanya paling 2 hari dan ga akan nongol lagi selama 2 taun.
    oya daun sambiloto daun yg amat sangat pait, jadi tolong mengkonsumsi banyak air putih.
    segala penyakit kulit bisa sembuh kecuali penyakit panu, kudis, kurap, dan kutu air

  22. deo says:

    oya, untuk keadaan mendesak bisa minum obat icidal. minum nya 1x aja, dalam 1 jam dijamin lsg hilang, tapi jika efek obat sudah selesai kaligata nya kaligata nya nongol lagi….

  23. deo says:

    ralat…

    INCIDAL

  24. Ichal says:

    Saya sdh 5 bulan kaligata yang awalx kecil ampe membesar.apa dong obatnya

  25. Tya says:

    Aduh kali gata udah dua hari nih…sampe ke muka2….Maa besok Senin hari pertama kuliah…..
    :( hiks….hiks….

    • chandra iman says:

      halo tya semoga cepat sembuh yah… coba ikutin cara2 di artikel aku diatas deh, jangan males ke dokter juga yah minta obat anti gatal, terutama sekali kurangi stress, buat diri kamu relax dan berpikiran positif, semoga cepat sembuh yah dari kaligata :)

  26. Ahmad soheh says:

    pants aje Q diserng,fktrna smua ada STRES KARNA TGS SKOLH,KEDINGINAN,DLL WIS gatal

    • chandra iman says:

      halo ahmad soheh, ya relax dan berpikiran positif mengurangi stress, dan supaya ga dingin pakai baju hangat / beberapa baju yang penting bisa beristirahat dengan nyaman dan tidak kedinginan, semoga nga kena kaligata lagi :)

  27. aku akhir2 ini kaligatanya kambuh lg.
    akibat alergi cuaca yg kadang panas kadang dingin, debu dan berkeringat.
    bibir bentol semua :))

    • chandra iman says:

      wah lumayan berat yah kaligatanya, mungkin bisa disiasati dengan membawa baju tambahan, disaat panas bisa ganti dengan baju yang menyerap keringat, jika dingin pakai jaket… semoga cepat sembuh yah kaligatanya :)

  28. Pramaythessa says:

    Bentar lagi un dan kena kaligata. Bentol sekujur tubuh. Gmn ya cara cepet ngehilanginnya? Udh hampir 2 minggu gak sklh dan ketinggalan banyak. Ada obatnyakah?

  29. chandra iman says:

    coba kurangi stress deh, jangan lupa minum obat, semoga cepat sembuh yah kaligata nya :)

  30. fitri says:

    Lagi uas gini kena kaligata yaampun gatel ya ganahan bgt:(:(:(

  31. Kang Ihin says:

    Aing keur kaligata sa awak-awak…ateulna minta amplop!

  32. Kencana says:

    Kaligata itu penyakit yang gak enak. Badan jadi gatal2 gak keruan tapi biasanya sih obatnya juga gak sulit.

  33. nyapurnama says:

    kegendutan juga bisa jadi penyebab ga yaaah? soalnya setahun ini berat badan lumayan nambah banyak dan kira2 6 bulan ini baru mulai nih gatel2 yang aduhai ini. terus biasanya muncul hampir tiap malem.. fufufufufu x(

    • chandra iman says:

      halo, kalo tiap malam didatangi sama kaligata, sepertinya kamu kedinginan, coba buat tubuh kamu lebih hangat dengan memakai baju yang tebal, dll, semoga cepat sembuh dari kaligata yah :)

  34. ninda ryan says:

    saya sekarang sedang kena kaligata,
    ga kuatt rasa’x, badan pada gatall, ga bisa tidur,,,

    • chandra iman says:

      coba pakai bedak anti gatal, atau obat anti gatal… semoga cepat sembuh yaaa

    • sinar says:

      Pertama x saya kena virus herpes..setelah tuch saya kena kaligata..udah 2 hari engga sembuh..padahal like eat,ikan,susu,kerang mahtelor dan saya berada d mall kedaton lampung sebagai customer care…d ac truss…dari kaki trus k tangan mah badan muka saya..kalo dua kena kaligata..kena mua badan saya…satu jam kemudian dia hilang dan beberapa menit lagi kena…

  35. via says:

    Banget daah saya juga dihinggapi kaligata. Malah kalo pake celana panjang atau baju panjang semakin kegatelan. XD mata dh beler tangan masih sibuk usep2 bagian gatel. T.T

    • chandra iman says:

      coba pakai bedak anti gatal, atau obat anti gatal… pakai baju dan celana panjang supaya tidak kedinginan, ya memang tidak nyaman semoga cepat sembuh yah

  36. jenny says:

    kaligata ohh kaligataa. uda lama ga kena skrg kena lg. gara2 cuaca dngin mampus trus slimut krg tebel, n stress bljr bwt UTS. bangun2 ada bntol2 kirain gara2 bobo bareng nyamuk. ternyata. KALIGATA -_-

    • chandra iman says:

      halo jenny, bisa juga dengan memakai baju berlapis jika masih kedinginan, yah kondisi cuaca dingin dan stress diduga memicu kaligata semoga cepat sembuh yah

  37. lis says:

    mkasih ya buat smua sran nya.
    aku udah baca smua, trnyata emang bnyak bnget fktor penyebab mncul nya KALIGATA.
    ternyata bnyak juga yg trkena kaligata.

    • chandra iman says:

      Hai Iis, yah begitulah banyak faktor penyebab kaligata :) yup semoga tulisan mengenai kaligata ini berguna supaya kita tidak mengulang kesalahan yang sama dan juga tahu cara mengatasinya :)

  38. halin says:

    alhamdulillah q dah sembuh.
    dah 6bulan kena ni penyakit ahirnya sembuh juga.

  39. fauzi says:

    aku udah hampir setahun kaligata, CTM cuma tahan beberapa jam saja, pernah dulu makan apa saja tanpa pantangan gak apa2, biasanya angin sama debu datang pasti kumat lagi, bahkan panas matahari dan suhu dingin sekalipun menyerang kulitku kaligatanya nongol. incidal cuma tahan dua hari, kalo aku konsumsi incidal terus seumur hidupku kan bisa sana ginjalku rusak sebaiknya apa yaa? kasih saran dong, daun sambiloto, kencur, butrowali pun pernah q konsumsi tapi kok gag sembuh2

    :(

    • chandra iman says:

      mungkin dengan menghindari penyebab kaligata bisa mengurangi penggunaan obat… sebaiknya konsultasi dengan dokter specialis jika memang penyakitnya sering muncul, cepat sembuh ya :)

  40. anneu says:

    Wahhh..kirain inyong doang yg kna bentooool bentooollituuu.

  41. Rhania says:

    Hikzz… Diriku juga lagi kena kaligata, gk tahan gatal-nya. Usut punya usut setelah baca artikel sana sini, trnyata infeksi amandel bisa jadi penyebabnya. Kemarin 3 hari amandel kambuh, tp setelah minum obat sudah mendingan kok… Akhirnya mikir lagi kenapa? Oya kemarin sore abis makan daging kambing, sama emang lagi stress juga krn banyak tugas kuliah yg belum dikerjain. Huftt…

    • chandra iman says:

      thanks informasi tambahannya mengenai kaligata, semoga infeksi amendelnya sembuh, dan kaligatanya juga :)

  42. sudrajat says:

    tolong dong peyembuhan obat yg tepat untuk penyakit kaligata

    • chandra iman says:

      coba minta resep obat anti gatal, biasanya kaligata sembuh dengan sendirinya, hindari pemicu kaligatanya, cepat sembuh yah :)

  43. cecep reza says:

    makanan apa saja sih d larang?pedes boleh ga?soalnya sejak kaligata saya pengen nya yg pedas mulu,seperti rujak atau semacamnya

  44. chandra iman says:

    biasanya makanan yang menyebabkan alergi.. tiap orang berbeda2.. semoga membantu

  45. jimmy says:

    minggu lalu baru kena kaligata, lagi iseng cari artikel tentang kaligata n nyapenya dimari…

  46. accept says:

    share dikit mas klo setahu saya kaligata di sebabkan karena angin malam dan kelebihan asam lambung (seueul angeun orang sunda bilang) klo saya lg terserang kaligata selalu minum promag 2sekaligus dan mandi air hangat yg di campur garam alhamdullilah langsung hilang bengkak bengkaknya dan gatal nya mulai berkurang

  47. iqbalhardi says:

    obat nya apa

  48. vania meilinda says:

    kalo kaligata,,apakah saya boleh mandi??

  49. hesti rismawati says:

    Obat alami kaligata,, PANGLAI,, d tumbuk,, baru di oles2 k badan,,

  50. saya dulu kena kaligata 1 tahun, pernah si pake obat, tapi muncullagi , jadinya saya garuk terus setiap muncul, dan akhirnya sembuh sendiri XD , mandinya juga sering telat jam 6-7 Sore XD

  51. Renata says:

    Aku kena kaligata nih kyknya krn perubahan suhu
    sampe muka lg, jd buruk rupa —
    mau pergi2 jd ga pede

  52. Saya punya alergi gatal kali gata udah menahun 6bln yg lalu saya pernah periksa ke dokter di depok hasilnya lumayan dan sekarang kambuh lg. Incidal cuma buat ngurangi rasa gatal pada kulit.. Penyebab nya tiap pulang kerja,makan ikan,daging, dll. Itu kambuh nya sesudah makan sekitar beberapa jam reaksinya mulai. Tapi kalo pulang kerja penyebabnya apa.?

  53. Agi says:

    Alhamdulillah saya terkena kaligata lagi, Pengennya digarukin tapi ga tega ntr jadi bentol2 gedenya makin banyak, ada solusi ga ?

  54. jajang says:

    dulu waktu masih SD sering kaligata trus senbuh eh sekarang nongol lagi, aduhh dah 2 bulan kaligata tiap sore.. paling menderita klo bentol di telapak tangan.. Tobat…

  55. terguendeng says:

    namanya kaligatal / gatal kali

    kalo gatal banget …bangetgata dong
    :p xi.xi.xi..

    apapun penyebabnya kalo dah kena bikin sebelkan

    barangkali temen2x bisa coba resep ini
    1. mandi (biar seteril kulitnya)
    2. pakek bedak gatal (mengurangi gatalnya)
    3. minum aer kelapa ijo (menetralisir racun gatalnya)
    4. intropeksi / inget2x apa penyebabnya (biar bisa dihindari nantinya)

    nb:
    -gatal kali jangan digaruk bisa iritasi ntar
    -jgn juga pamer kalo lg kena
    :D he.he.he..

    =SALAM KALIGATA=

  56. lely says:

    Lagi kena kaligata :( gatelnya minta ampunnnnn. Udah pake bedak anti gatal juga ttep aja hiks :'( hrs gmn?

  57. Agun says:

    Sy lg kna kaligata,sudh k doktr,pake obt tradisional,pake panglai+kalpanak,pake bdak anti gatal,bakar tikar dls,tapi teu2p ni gatel masi bandel,gmnana dong !!

  58. Agun says:

    Yg ini blm saia coba,mudah2n manjur,hatur nuhun kang

  59. cinta says:

    Boleh tau ga panglay itu apa ? Sama dengan bangle enggak ? Saya juga penderita klgata nih, biasa kumat kalo cuaca ga bagus n banyak angin.
    Menyebalkan tapi ya sdhlah nikmati saja :-)

  60. aDUL says:

    Pas sampai rumah pada malam hari kenapa ya sering kaligata, kalau lagi dijalan atau di kantor tidak terjadi apa- apa . ….

  61. dhi says:

    Aduuuhhh Chandraaa, ini lagi kena kaligata, kok malah suruh nikmati siiihh…. please deh.
    Gimana dong obatnya… apa alergi seafood juga bisa bikin kaligata? udah 2hari nih, parah sampai lambung… enaknya gimana dong obatnya Chaaannnn….

  62. agesta bio says:

    gua lg kena galigata nih

  63. oktavian yusuf says:

    aku pengen sembuh dari kaligata obatnyaapa ^_^

    • chandra iman says:

      kaligata akan sembuh dengan sendirinya, coba diingat2 penyebabnya apa, lain kali dihindari, untuk mengurangi gatal bisa minta obat anti gatal ke dokter, semoga kaligata nya cepat sembuh yah :)

  64. irez sweet says:

    Bakar tikar aja tikar yg dr daun pandan.ato bakar daun pandan nya aja.biarin badan kita sampe kena asap nya.dl wktu kecil aq Xgata klo main tanah.kl lg gatel aq olesin balsem cap pandan.الْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِين skr smbuh g pernah Xgata lg

  65. rita gibran says:

    Aku uda 1 bulan ini terserang kaligata tp Ɣªⁿƍ parah na da seminggu ini, ampun dech gatal na.., da minum obat anti alergi bertahan cuma 2 hari kumat lagi..,

    • chandra iman says:

      Halo Rita, apakah kamu sudah berobat ke dokter, coba deh konsultasi ke dokter, seharusnya kaligata tidak lama lho, dan jangan lupa dianalisa, kira-kira apa penyebab dari kaligata tersebut, misalkan alergi dingin, debu atau yang lain, semoga kamu cepat sembuh yah….

  66. rawatan ikhwan sentul city .km37 jgrw says:

    Aku sakit galigata : bila mandi akan terasa mulai gatal yg luar biasa. Mengatasinya. Sebelum masuk kamar mandi baca doa sebelum masuk kamar mandi dulu , melangkah dg kaki kiri. Pakai tutup kepala….baca alfathah 4x dihati…shalawat 11x dihati…niat mandi taubat .baru mandi dg aurat tertutup. . Hasilnya galigatanya berkurang. Alhamdulillah….

  67. Obatnya kaligata apa ? Aku sering bingung mencari obat untuk kaligatanya .

    • Chandra Iman says:

      halo adhisty, saran saya untuk menghindari penyebab kaligata: udara dingin, stress, alergi, dll

      jika terkena kaligata gunakan baju hangat, minta obat anti gatal beberapa hari biasanya sembuh

      jika berlanjut bisa menghubungi dokter takutnya ada hal lain yang menjadi penyebabnya

      cepat sembuh yah

  68. margin tan says:

    skrg saya jg terkena dampak kaligata,pertolongan pertama saya hanya menaburi bedak anti gatal,walaupun msh terasa gatal yg luar biasa tp tetap saya tahan utk tidak menggaruknya agar cepat sembuh,semoga saja cepat ilang kaligatanya.

    • chandra iman says:

      Halo Margin Tan, yah, itu biasanya yang saya lakukan kalo kena kaligata, semoga sakit kaligata kamu cepat sembuh yah, jangan lupa diinget2 kamu makan apa atau kamu pernah ke lingkungan mana yang menyebabkan kamu terkena kaligata, mencegah lebih baik daripada mengobati :) salam

  69. gener says:

    gue kena kaliagata , sehari lansung ilang.. padahal gw begadang tiap malam.
    obat alaminya tidur siang sambil kena cahaya matahari. tapi abis bangun lansung sesak napas wkwk.

    • chandra iman says:

      sepertinya alergi dingin bro, jadi kaligata muncul, thanks sudah sharing mengenai tidur kena cahaya matahari, sepertinya suhu tubuh yg semakin panas bisa menghalau kaligata :) mantab

  70. margin tan says:

    sekedar berbagi saja untuk obat kaligata saya pakai obat “inversyn loratadine” hanya dalam hitungan jam kaligata langsung ilang dan bisa beraktifitas seperti semula.indahnya berbagi.salam

  71. Edwin says:

    kamren saya kena kaligata. gatal nya ga nahan sumpah !! serasa d cubit cubit ni pantat.. tp alhmdullh stelah d ksh tau sm agan admin d sini ane coba pake bedak.. lalu ane tidur pake suiter n celana panjang 2 lapis.. keesokan paginya.. taraaa … alhmdullh akhirnya sembuh…

    • chandra iman says:

      horeee wah syukur yah bisa cepat sembuh mungkin kaligatanya disebabkan oleh dan yang kurang fit + kedinginan :) tetap jaga kesehatan selalu mas bro

  72. Mita says:

    terimakasih infonya kaaaaaa :) bisa lega dan ga terlalu khawatir lagi sama kaligata :D

  73. Rick says:

    saya kena gatal gatal..
    Biasanya malam dan pagi hari

    mungkin saya alergi dingin
    nah, ada gk obat
    Buat nyembuhin kaligatanya

    biar bebas tanpa harus menghindari dingin

    • chandra iman says:

      Halo Rick

      lebih baik mencegah daripada mengobati

      jika tidak tahan dingin bisa gunakan baju hangat

      untuk obatnya ketika kaligata bisa meminum anti gatal atau menggunakan bedak

      kamu juga bisa menanyakan ke dokter untuk lebih detail mengenai kondisi kamu

      salam :)

  74. bunda azzam says:

    Tiap 2 hari muncul gatal, minum lortadin, masih muncul lagi,apa krn blm haid pasca melahirkan (dah 8bln)?

    • chandra iman says:

      halo bunda azzam, saya sungguh berharap saya bisa membantu menyelesaikuan masalah bunda, untuk kasus seperti ini sebaiknya dikonsultasikan kepada dokter

      di cek juga ada makanan atau alergi benda lain dalam beberapa hari terakhir

      semoga gatalnya cepat sembuh yah bunda :)

  75. Davin says:

    Aku skrg kna kaligata,klo ddaerh ku (bangka) nybut na aber…
    Mntep kali gatel na…
    Pgn dgruk2 ma pacar rsa na eh maaf slh…
    Pgn dgaruk trus tp tar mlah tmbh byk..
    Nma na jg pnyakit,, pst ad obt na kcuali 1 pnyakit yg g ad obat na..

    • chandra iman says:

      Halo Davin semoga cepat sembuh yah :) banyak informasinya di komentar diatas, atau silahkan di lihat di artikel saya :) “aber” wah unik juga yah penamaan untuk kaligata ini :) salam kenal

  76. id-blog says:

    obat nya apa yaghk untuk menyembuhkan penyakit kaligata itu,mohon infonya

  77. ayah dewi says:

    kali penyakit yg menyebalkn..
    dulu saya yg kena..sekrng anak” saya..
    lw pas g kumat bikin malu banget….

  78. Kaligatal banget says:

    aku pengidap kaligata, pake kapsul/pil incidal beli diapotik, harus selalu ada stok obatnya. karena kaligata datang ga pernah bilang2. ampuh tuh pil buat kaligata, murah perbiji 3 ribuan. ampuh ngilangin gatal kaligata tapi ga bisa ngobatin selamanya tuh penyakit :))
    ada saran dari temen di bandung. suami suka kambuh kaligata, berkali2 diobatin tetep kambuh, nah setelah konsultasi ke dokter (dokter apa aku ga ngerti, yg pasti bukan dokter kandungan ya) disarankan untuk coba DONOR DARAH lewat Rumah sakit atau langsung ke PMI. dan katanya setelah DONOR DARAH tuh kaligata udah 4 tahun ini ga nongol2 lagi. itu saran dari temanku, aku aja blm sempet coba donor darah (klo donor sama nyamuk mah sering). semoga bermanfaat.

    • chandra iman says:

      wah thanks infonya, dulu saya sering donor juga, ga sadar mungkin itu salah satu untuk mencegah kaligata …

      saya pernah dengar jika kaligata itu istilahnya darah dingin atau darah kotor… semoga informasi ini bisa berguna… salam

  79. Yoga Pratama says:

    Saya sudah pakai trik menggunakan air panas + garam dan hasilnya pun lumayan mendingan, tinggal tunggu beberapa menit lagi kempes, gan mau tanya saya sering minum kopi + telur goreng apa itu berpengaruh?

    • Chandra Iman says:

      Halo Yoga wah syukur deh jika sudah mendingan, harus dicari dulu alerginya apa, tiap orang mempunyai alergi yang berbeda, jika kamu mengkonsumsi kopi dan telur kemudian kamu jadi kaligata, mungkin itu salah satu penyebabnya, sesuatu yang berlebih tidak baik menurut saya, cepat sembuh yah kaligata nya :)
      Chandra Iman recently posted…Profile picture yang samaMy Profile

  80. nova says:

    Kalau lagi kambuh ini memang harus mandi air panas dan ga boleh kedinginan ya? Masalahnya saya ngga tahan panas, ac kamar harus minimal 20 derajat, kalau nggak ada ac harus tembak kipas angin. Kemaren coba tidur tanpa ac dan pake selimut tebal malah keringetan makin ga bisa tidur, garuk2nya makin parah -_-

    • chandra iman says:

      bagaimana keadaannya hari ini? jika gatal bisa menggunakan anti gatal, mungkin bisa menggunakan ac dengan suhu yg tidak terlalu dingin, semoga cepat sembuh yah

  81. tio badd says:

    ternyata banyak yang nimbrung disini hehe
    minggu ini saya terserang kaligata saat malam hari yang sekarang cuaca hujan plus banyak angin masuk ke rumah, padahal udah lama gak pernah kaligata, juga kayanya dari makan telor, dan sekarang udah jadi vegan, coz sensitif kalo makan daging ayam + telor lagian saya gak terlalu suka daging juga hehe tapi dibatasi makan telor dan susu
    kalo kaligata datang saya minum obat dextamine beli di apotik 1strip harga sekitar 17rb, ampuh tuh obat, trus langsung dimandiin pake air hangat + pake sabun zwitsal classic batang untuk badan maupun muka. ingat obat dextamine di minum pas kambuh ajah takutnya ada apa”, dulu pernah ke dokter trus dikasih obat itu soalnya

    info bagus dari atas, patut dicoba nanti donor darah :)

  82. saya kena kaligata sudah sekitar 1 bulan, dan kadang ilang sendiri kadang muncul sendiri, kira-kira obat yang ampuh untuk menghilangkannya apa ya? dan tidak kambuh lagi? pliss bales

    • chandra iman says:

      halo abdullah saran saya kamu harus tahu penyebabnya sehingga bisa dicegah, sebenernya kaligata akan sembuh dengan sendirinya, agar tidak gatal bisa mengkonsumsi obat anti alergi kalo bisa sesuai dengan anjuran dokter, atau bisa juga menggunakan bedak anti gatal semoga memantu
      chandra iman recently posted…Yuuk…Urang di Ajar Bahasa SundaMy Profile

      • udah saya cek, ternyata akibat cuaca dingin/keanginan, dan kayaknya alergi telur juga, karna saya sering sarapan telur goreng, dan sekarang saya tidak makan yang mengandung dengan telur, kaligata saya juga tidak gatal, bila di garuk gatal,tetapi kalau tidak digaruk tidak gatal, dan saya udah berobat ke klinik dokter, udah dikasih salep & obat, tapi cuman bertahan beberapa hari saja, dan berbekas di kulit saya berwarna hitam,

  83. dinie says:

    .aq gk pernah kaligata …

    .tp skrg anak q LG kalaigata kasiaan .. buat anak kecil apa ya obat nya .

    • chandra iman says:

      halo dinie, coba di ingat-ingat anaknya makan apa sehingga bisa kaligata, atau misalkan ada alergi yang lain seperti terkena udara dingin atau panas, kalo sudah tahu, mungkin bisa menghibdari hal tersebut agar anaknya tidak terkena kaligata

      biasanya memakai bedak anti gatal bisa mengurangi gatal kaligata atau ada obat anti gatal juga, saran saya konsultasi ke dokter agar obatnya aman dikonsumsi anak-anak

      semoga membantu
      chandra iman recently posted…COFFEE CLASS with ExcelsoMy Profile

  84. Herlina says:

    Saya mau share pengalaman saya tentang alergi kulit. Saya alergi terhadap udara panas & dingin. Kalau udara panas, yg gatal kulit kepala saya, saya garuk2 terus sampai pada lecet. Kalau udara dingin terutama musim hujan yg timbul bentol2 banyak sekali di kaki & tangan. Waktu itu saya disarankan minum obat cina “snake itch removing pills” yg kemasannya hijau bergambar ular. Saya minum 2 kapsul sekaligus, hasilnya alergi tidak kambuh selama 3 hari. Setelah 3 hari saya minum lagi. Kalau saran saya bagi yg ingin mencoba: minumnya kalau alerginya sedang kambuh saja, kalau tidak kambuh tidak usah minum, sebab obat ini bikin ngantuk seharian. Ampuh untuk segala jenis alergi kulit. Baca dulu aturan minum pada kemasannya ya.

  85. icank says:

    Resep 1 Obat Tradisional Biduran
    (Kaligata)
    Bahan:
    Kulit batang pule……… .. ………. 3 jari
    tangan
    Temulawak sebesar telur itik… 1 biji
    Kunyit sebesar telur ayam……. 1 biji
    Cara meramu:
    Cuci bersih semua bahan, iris tipis
    temulawak dan kunyit.Rebus bahan
    dalam 4 gelas air hingga tersisa 3
    gelas.
    Aturan pakai:
    Minum ramuan obat tradisional
    dengan dosis dewasa 3 kali sehari
    masing-masing 1/2 gelas.Minum
    ramuan sesudah makan.
    Resep 2 Obat Tradisional Biduran
    (Kaligata)
    Bahan:
    Daun sambiloto……………… 11 lembar
    Meniran………………………… 3 tanaman
    Kunyit sebesar telur ayam….1 biji
    Cara meramu:
    Cuci semua bahan, potong meniran,
    kupas dan iris tipis kunyit.Rebus
    semua bahan dalam 4 gelas air
    hingga tersisa 3 gelas .Angkat dan
    saring.
    Aturan pakai:
    Minum ramuan dengan dosis
    dewasa 3 kali sehari masing-masing
    1/2 gelas.
    Pilih salah satu resep dan lakukan
    secara teratur minimal selam 4
    minggu.

  86. Adhun says:

    Aduch lgi kna nich..
    Gatelnya ampun dh..

    Sampe muka gw kliatan kya dipukulin orang sekampung..

  87. joe says:

    aku mau share aja…dari kecil sampai saat ini aku kaligata holic…aku bahkan pernah ngabisin 1 botol balsem karna kesal gatal gak ilang2..dan akhirnya malah meriang,,,obat yg jitu yg selama ini aku coba alhamdulillah gak ada yang jitu…sampai aku bereksperiment..menggunakan garam di yang bentolnya,,dan alhamdulillah berhasil kaligata pergi berminggu2…biasanya tiap hari aku kaligata,,trims

  88. Hana says:

    atuhh ih ini gimana aku udah minum incidal tadi siang, emang sembuh tapi pas mulai malem ko kaligatanya kambuh lagi kaya malem kemarinnya, udah pake bedak buat gatel juga sama kayu putih tetep aja ga ngaruh kira kira ada yang tau obat yang garibet apa? soalnya aku gamau ijin sekolah lagi atulah :((

  89. Tantan says:

    Bang kalo pengen cepet cepet sembuh penyakit kaligata sebab makan udang gimana ??

    • chandra iman says:

      halo kang tantan, biasanya dokter ngasi obat anti gatal, atau jika gatalnya di kulit, bisa menggunakan obat anti gatal, agar tidak terulang sebaiknya menghindari makan udang :)

  90. yanti says:

    di sekitar (maaf) pantat saya gatal, kata ibu saya iti kaligata, tapi udh 5 hr ga sembuh. kalo abis kena air malah agak ilang gatelnya, tp trs gatel lagi nanti. bentol” juga.. kenapa ya? agak serem sih soalnya di sekitar pantat..

    • chandra iman says:

      halo yanti, semoga cepet sembuh yah

      biasanya banyak hal yang menyebabkan kaligata salah satunya dipicu oleh faktor alergi, coba kamu ingat-ingat beberapa hari ini mengkonsumsi apa, atau kamu kedinginan atau kepanasan, setelah alerginya diketahui sebaiknya dihindari

      kaligata akan sembuh dengan sendirinya, bisa menggunakan obat anti gatal untuk mengurangi rasa gatal

      buat badan kamu hangat sehingga cepat fit, jika masih seperti itu sebaiknya segera ke dokter

      cepat sembuh yah kaligatanya

  91. khaidir says:

    sumpah, gak enak banget gw ngerasainnya,,, udah menjadi penyakit menahun ini,, HUhu :'(

  92. Dealova ximuyunacute bee says:

    Assallammualaikum wr.wb

    ada saran obat dari saya, obatnya beras pulut secukupnya di tmbah bawang dan sedikit garam, bahan di giling halus, lalu di usap pada tubuh seperti berlulur tpi jngan di gosok, diam kan hingga kering , slama memakai obat beristirahatlah agar gatalnya tak terlalu jdi pikiran , hehehe insyaallah cepat sembuh. Slamat mencoba

  93. Adhitokekx says:

    sperti biasa klo musim ujan mulai dah kaligata nongol tiap malem….pfffftt (padahal musim ujan tahun kemaren kgk kumat, skrg kumat lg) :(

    klo baru nongol gatelnya semriwing bnget, biasanya sih ga ane apa”in ditahan aj ntr beberapa menit balik normal lg, tp klo udah parah dan gatel bnget alias dah jd pulau buatan, biasanya sih minum cetirizine, gatelnya langsung ilang dan kaligata mulai menghilang…hehe

    salam kaligata….lho??? XD

    • chandra iman says:

      supaya tidak dingin mungkin perlu menggunakan baju yang lebih tebal bro, atau misalkan mandi menggunakan air hangat.

      semoga kaligata nya tidak datang berkunjung lagi disaat hujan :)

      salam kaligata :p

  94. zoel door says:

    mantaaaabbb rasaaa … yaa .. di garukk salahh
    ga di garuukkk gatall bangettt …
    ….

  95. BUDI says:

    SY INI KENA PENYAKIT DAH 3 TAHUN G SEMBUH2..PENYEBABX JUGA G TAHU..PER SEMINGGU SEKALI..PASTI DATANG…NAMUN KLO DAH MINUM CITIZIRIN..LGSUNG SEMBUH…tapi apa g ada efek samping kalo minum obat terus dlm kurun waktu hingga 3 thn….? mohon pencerahanya..tks

    • chandra iman says:

      halo budi, untuk konsumsi obat sebaiknya ditanyakan ke dokter untuk lebih pastinya, saran saya segera ke dokter sehingga bisa dicari penyebab dan obat yang tepat, semoga cepat sembuh yah

  96. adhent says:

    kaligata itu bisa pindah” yc?

  97. heni says:

    kaligata itu gatal2 nya ga kuat tapi masa sih
    bentol2 nya tiap hari ada trus.

  98. aldi says:

    sya udh lrbih dari 1 minggu meh mungkin udh 2 minggu kok g sembuh2 ya

  99. Rafdy J says:

    Halo kak,Baru Pagi ini aku kena Kaligata, sebelumnya kemaren tuh siang sampai magrib pasti pusing terus,jadi tidur aja,pagi siang makannya juga dikit paginya aku kena kaligata,terus aku harus apa ya? katanya sih g boleh mandi harus berjemur di panas matahari ?? terus kalo udh kentut katanya bisa berkurang ya kaligatanya?

  100. faiha says:

    Sya mulai kena kaligata dr SMA smpe skrg ud bkeluarga pun msi kena jg,kdg cpt hilang kdg lama bget.prnah smpe sbulan sya mrasakan ny,sungguh ƍäª tahan dgn gtal ny.kdg sya garuk smpe lecet2.berbgai mcam obt sya mnum,Тǎpɪ̣̇ kaligata ƍäª jg sembuh.adik2 sya jg trkna pnyakit ini.ap penyakit ni bsa nular?.tw trun mnurun.hmpir sluruh bdan ƔªйǤ‎ terkena.klo ad solusi ƔªйǤ‎ lbih bgus,taw herbal ƔªйǤ‎ alami ƔªйǤ‎ dpt sya mnum.

    • chandra iman says:

      hai faiha, biasanya ada pemicunya, jika kamu bisa temukan dan hindari, seharusnya tidak terkena kaligata lagi, kaligata tidak menular

      semoga cepat sembuh yaaa :)

      kalo saya sih menggunakan bedak anti gatal, istirahat dan buat badan kamu hangat, jangan kedinginan

      semoga kaligatanya cepat sembuh yah :)

  101. Leni Yana says:

    mas chan, kaligata saya ni nggak keluar seluruhny
    dah 1 minggu ini,kemarin tu yg parah,kepala saya ikut bentol2 kaligata,gatel perih sm bibir bagian bawah saya jg bengkak
    pdhl saya sudah ke 2 bidan
    bnr ngk bs jg krn tekanan darah tinggi

  102. naima says:

    aq lg kna kaligata ne.,.gatel+panas,biasa-y klo lg kmbuh gini aq minum obat cina kya jamu gtu,lgsung smbuh tuh…tp kan skrg lg hamil muda jd g bisa minum obat ntu….hmmmn,….gatteeeeeeeel…

    • Chandra Iman says:

      coba pake bedak anti gatal untuk mengurangi gatal akibat kaligata

      iya jika sedang hamil sebaiknya tidak mengkonsumsi obat, jika terpaksa harus konsultasi dengan dokter terlebih dahulu

      selamat atas kehamilannya

      semoga kaligata nya cepat sembuh yah :)
      Chandra Iman recently posted…Jujur tentang narkobaMy Profile

  103. firman says:

    hadooh……mendusin jam segini gatel sekujur tubuh
    bingung nyari obatnya jam sgini…..apa donk yg manjur buat nih kaligata

    • chandra iman says:

      kang firman, kalo gitu besok2 nyetok bedak anti gatal sebagai pertolongan pertama

      kalo ga ada, biasanya saya mencoba menghangatkan diri dengan menggunakan baju tambahan, semoga kaligata nya cepat sembuh :)

  104. Margin Tan says:

    obatnya “INVERSYN LORATADINE” tapi harus dengan resep dokter< dijamin itungan jam langsung lupa tuh yg namanya "kaligata"

  105. obat herbal says:

    Good post. I’d been examining continuously this blog site that i’m astounded! Very beneficial facts specifically this closing portion :) I attend to similarly info a lot. I’d been looking for this particular facts for many years. Thanks and best with good fortune.

  106. ruly says:

    bg chan klo mandi malam pengaruh gk sma kaligata nya …
    kaligata itu darah dingin/beku ya…??
    minta saran ya bang.

    • chandra iman says:

      halo bro ruly, memang ada yang bilang kaligata itu gara-gara darah dingin

      kalo menurut saya sebaiknya tidak mandi malam, kalo pun terpaksa gunakan air hangat

      salam :) semoga kaligata nya cepat sembuh

  107. Cloud Lie says:

    Aku jg langganan kaligata,bahkan skrg pun lagi kena :(….ada ga sih obat yg bs ilangin kaligata buat selamanya??
    Kalo cuaca terlalu panas, kambuh….cuaca terlalu dingin kambuh jg…. :'(….

    • chandra iman says:

      kalo menurut saya sih sebaiknya menghindari penyebabnya sehingga kaligatanya bisa sembuh

      kalo terlalu panas, cari tempat yang adem, kalo dingin gunakan baju yang lebih tebal

      saya buktinya tidak terkena kaligata lagi, intinya mah kudu disiplin menurut saya

      semoga tidak terkena sakit kaligata lagi yah

      salam

  108. ahmad agus says:

    bang indra q kena kaligata ne kyk.a, gatel.a minta ampun.. klo mlm gk blh tidur klo ktiduran tangan garuk sndri tanpa sada malah bikin makin parah..

  109. dian says:

    baru tau kalau stres jg mmcu kaligata,,,q dah 6 bln kna tp hny tmbul tngglam lw kcapaen z,,, skg jg lg kna nh,,,,mpe k mka n dr td nhan garuk krn tkutny mlh jd rdang,,,,emng c q skg lg stress msalh krjaan,,,jd deh kaligata nongol trus,,,,

  110. Just Astrih says:

    buat tmn2 yg lagi kena galigata,cobalt diobatinin pake daun hidup,seperti daun jambu biji,daun pi sang DLL.daunnya digosok2 ke kulit yg terkena kaligata.astri pernah kena satubadan Dan ilang hanya lake daun hidup.semoga bermanfaat ya

  111. Erlina says:

    Gila Gatel Banget Klo dach kena Kaligata , dibedakin msh gatal !!!
    Biasa wkt it sih kluarga ku pake arak gtu dijamin Langsung sembuh dan ga gatel lagii..
    Kl org Sumatra dtmptku biasany pake arak jadi dioles gtu bsok nya langsung smbuh.. Nach kbnaran nyarii arak di Jakarta kayak cari harta karun susah minta ampunn .. Jadilah saya pusink gatell vgt soalnya ..
    Penyebabny mgkn saya kmrn masuk angin, pusink dan stress shngga mengjomsumsi obat sakit nyeri dan demam trlalu banyak.. Ehh .. Sakit demam,nyeri hilang malah kaligata.. Mmm

  112. galuh says:

    Ternyata banyak yang mengalami kaligata ya? saya kira hanya saya saja. tapi syukurlah kaligata saya sudah sekian lama tidak kambuh, hanya saat kecil saja. Masih inget saat kambuh kakak atau ibu saya, membakar lidi aren kemudian di ancurin dicampur minyak goreng (bukan yang bekas lo) kemudian di balurin ke bagian tubuh yang sedang merah2 dan Alhamdulillah sampai sekarang tidak pernah kambuh lagi.
    galuh recently posted…Pengaruh Celana Dalam Ketat Terhadap Kualitas SpermaMy Profile

  113. Indra says:

    Kaligata itu menyebar ga?saya kena bentol2 merah gitu,gatel,dan nyebar ke kaki,perut,tangan.terus ada bekas nya,ini bisa ilang ga bekas nya?saya baru kena 3 hari.info ya.makasih

  114. Riani says:

    saya jg lagi kambuh nieeh…sedikit berbagi ajah teman…kalo lagi gatel sih biasanya aku olesin jahe…bisa diparut dulu atau langsung digosokin…alhamdulillah gatelnya ilang trus bentolnya gk nyebar…semoga bermanfaat…dan cepet sembuh buat temen yg senasib… :)

  115. indri says:

    Haduuhhh bdan q gatal2 n merah2 kta mama q sich aq kena kaligata disebabkan krna kedinginan aq klw pagi lama dikmar mndi biasa cwe cuci piring n sbgai’ya. Kena kaligata itu menyebalkan bgt krna gatal’ya yg gx kuat bgt aq ksih bedak ajha agx mendingn dkit2 ilang cuma msih trasa gatel. Biasa’ya kaligata thu brpha hari ea, q udh 3 hri kena kaligata.

    • Chandra Iman says:

      bisanya 2-3 hari sembuh, tubuhnya dibuat hangat dengan memakai pakaian yg lebih tebal, dan juga istirahat yg cukup :)

      oh iya, mungkin bisa menggunakan air hangat, jadi tidak terlalu dingin pas di kamar mandi

      semoga kaligata nya cepat sembuh mba, terima kasih sudah share

  116. hadi says:

    Hahahaha, para kaligata lovers lg ngumpul nih critanya :D

    Mo curhat jg dah :p

    Dlu pas SMA pernah kena skitar 1 bulan. Jenis kaligata bentol gede2 ampe bibir bengkak kyak disengat lebah gitu. Malu banget pas lg di sekolah mah. Tp cma 1 buln gk prnah kmbuh2 lg ampe 2 mnggu yg lalu (9 th dr kjadian prtama) gjalanya muncul lg. Kalo kena dngin aj mulai mncul bentol2nya. Bentol2nya gk sma kyak dlu, yg skrg lbih kcil tpi lbih than lma. Udh 3 hri ini bentolnya gk ilang2. tdur jd susah, mo aktifitas jg lmyan mnyiksa soalnya prasaan pngen garuk mulu. Skrg msih nyari obt yg tpat, jdi klo ad yg punya rsep mnjur bleh donk disharing :)

    Tq gan udh boleh curhat d sni hehehehe :D

    • Chandra Iman says:

      Halo hadi, terima kasih sudah mampir, iya yah ini jadi tempat kumpul orang yang kena kaligata hehe :) sepertinya kena alergi dingin, asal dijauhin dinginnya kaligata harusnya tidak muncul

      sudah coba gunakan obat anti alergi atau bedak anti gatal?

      jika lebih dari 1 minggu, bisa langsung ke dokter

      cepat sembuh yah kaligata nya

  117. mayang says:

    Aku semalem juga kena kaligata kalo di daerah ku (bengkulu) namanya galigato. Alhamdulillah udh minum obat langsung sembuh dn ga gatel lg. Nama obatnya dexa metasol sama ctm

  118. Danu Yuzius says:

    Hai komunitas pengidap kaligata, saya sekarang umur 24thn, dan saya udah terkena penyakit kaligata ini sekitar umur 7 tahun, dan penyakit ini selalu dateng trs gak pernah berenti.

    Biasanya kalo waktu kecil dulu waktu kena kaligata cukup pake bedak dan pake baju+jaket pasti kaligatanya sembuh, tapi semakin hari semakin tahun kali gata saya semakin parah, padahal udah sering banget kedokter dan udah bosen kedokter cuma gara2 kaligata ini.

    Sempat bingung juga kok penyakit ini gak pergi2 ya?

    Dan sekarang kaligata udah jadi kayak event wajib dalam hidup saya, sekarang setiap dua hari sekali KALIGATA MUNCUL, dan gak ada satupun obat yg bisa ngilangin kaligata saya selain INCIDAL, itu juga pasti balik lagi setelah dua hari….haduhh capek… :(

    Pernah nyobain beberapa obat lain, dan obat2an tradisonal, tapi gak ngaruh ke saya.

    Jadi kesimpulannya sekarang saya selalu sedia terus si kecil mungil INCIDAL kemapun dan kapanpun saya pergi, udah jd kayak sahabat sejati deh…selalu setia menemani.

    Mungkin ada beberapa dari temen2 yg pengen coba minum INCIDAL, soalnya kalo saya pasti sembuh kurang dari 1 jam kalo udah minum tuh si obat penolong :)

    Semoga lekas sembuh ya yg lagi kena KALIGATA :)

    Salam hangat garuk2…..

  119. Oliv says:

    Hay mas chan..
    Siang kemaren aku mandi selesai mandi aku keluar rumah utk beli makan, setelah smp rumah leherku merah dan gatel bgt, cuma aku pakein minyak kayu putih. Gak lama aku bawa tidur, bangun2 udh kena kaligata tapi cuma di tangan, terus aku minumin Dextamine, hilang sih bentol2nya tapiii muncul lg di kaki :(
    Gimana? Gatel bgt

    • chandra iman says:

      hai oliv, duh sorry baru jawab sekarang, nga sudah takut yah sama yang namanya kaligata, cuma beberapa hari doang kok, minum anti gatal nanti juga akan sembuh sendiri, pencegahannya coba cari penyebab kaligata tersebut dan hindari :) salam

  120. Putri says:

    Gilaaa ,dari jam 11 malem sampe subuh gabisa tidurr :'( kaligata oh..kaligata ..
    Terakhir kena kaligata pas SD ehh,malah skrng kambuh pas gw udaah kerja :'( gateuLna teuu katahan :'(

  121. christin destari says:

    Aku udh kesekian kian kian kian lah pokoknya.. Tiap hari… Abg ku saranin bakar daun bambu trus abunya campur minyak goreng (baru) olesin dah… Pengalaman aku, kalo galigato ya garuk sepuasnya trus diamin aja, positif thingking pasti ilang.. Yeeeeee

    • chandra iman says:

      jangan digaruk, nanti malah luka, pakai bedak dan minum anti gatal untuk menghalau kaligata, nanti juga sembuh, bener yang penting positive thinking ajah :) terima kasih sudah sharing

  122. emi elya says:

    Waduh..banyak juga rupanya yang sependeritaan dgn saya,ni sudah mau 3bln sy kena kaligata, udah berobat kedokter pindah2 gak sembuh2,udah putus asa rasanya,paling berkurang dikit selama 2 hari trus kumat lagi,.apa ya obat yg paling manjur diminum trus gak kumat2 lagi…trims sebelumnya untuk infonya

    • chandra iman says:

      hai emi, aduh kasian banget semoga kaligatanya cepat sembuh yah, saran saya kamu kudu temuin dulu penyebabnya apa, udara dingin kah, makanan kah, hindari penyebabnya nanti pasti sembuh kok kaligata nya :) semangat ya!

  123. Bunga says:

    Iya bener kl kaligata mending positive thinking aja. Sebisa mungkin cuekin deh maupun gatelnya bikin rudet. Dulu” sih aku sering pake obat ctm tp masih kurang ampuh, reaksinya lama dan efek sampingnya bikin kita jadi ngantuk banget. Ada 2 obat nih, buat rekomendasi aja sih yaa soalnya waktu itu pernah d kasih sama dokternya obat carbidu sama lerzin, pemakaiannya masing” sehari satu kali. Belinya 15 tablet aja dulu tp harus rutin jgn sampe kelewat tiap harinya. Mulai d minum kl kaligatanya kambuh, darisitu d lanjutin aja nyampe obatnya abis maupun udh ga kaligata lg

  124. Amjad says:

    Gue udh dari SD kena kaligata. Tapi kumat2an. Setelah lama hampir ga kena kaligata ini udh umur 20th kena lagi, coba deh sebisa mungkin membersihkan dari kotoran dan najis, terus mandi yg rutin, kalo baju yg kita pake udh basah atau kena keringat mending langsung ganti aja tu baju, terus coba konsumsi madu asli yg asli yaa jgn yg abal2, madu itu bagus kasiatnya, ampe semut pun ga berani deketin karna panas, kalo bisa minum klorofil/supelmen makanan, itu lumayan bagus buat ngilangin racun dalam tubuh dan 1 sendok klorofil itu mengandung 1kg sayuran, kalo langsung sembuh itu tergantung tingkatan penyakit yg kita idap, yg jelas ikhtiar aja, berdoa sama tuhan karna dengan penyakit ini kita bisa berbagi, dan 1 lagi tetap bersyukur karna ada yg lebih parah dari penyakit yg kita alami diluar sana.. Show? Keep spirit :) thx

  125. Nunu says:

    Owh baru tahu penyakit ini

  126. andy sedaya says:

    minum lerzin ada yg kapsul ada yg sirup minum pas lagi kambuh.

  127. andy sedaya says:

    minum obat dari apotik namanya LERZIN tersedia kapsul dan sirup sama sama manjur.

  128. nina says:

    aku kmrn kene sengat tawon. awalnya bengkak gt, eh lama2 badanku jd gatel semua. bentol gede2 kya kaligata. aku cek kedokter kyanya alergi sma bisa tawonnya. ampun deh gatelnya, udh dksih obat, dikasih bedak, dikompres air hangat.. ni kaligata asli gamau liang :( alhasil gatidur deh semaleman :’)

  129. Hai chand.
    Aq kena kaligata udah 2bln tp blm sembuh” juga. Yang penting kalo kaki saya udah dingin menyebar sdah gatal.nya.
    Mw minum obat tp tkut soal.nya menyusui.

  130. Lukman Basuni says:

    Hai..seru banyak share comment nya nih, sambil prcobaan 3 hari kmarin kaligata ku saya cekokin mulai dr air kelapa ijo habis 3 biji, incidal, lerzin sampe mandi air panas digarut pake garam ya ampuuun masih tetep gatelnya. Saya teringat ada yg salah 1 comment di atas minum obat promag itu artinya hubungan dg asam lambung naik, saya pikir itu pnyebabnya waktu saya prjalanan k tasik mual yg sangat dahsyat smpai muntah & baru makan kmbali 4 jam kmudian asam naik, badanku gatal awalnya sprti gigitan2 tumila/nyamuk menyebar smpai muka. Stelah prcobaan2 di atas dilakukan hal hasil masih merah2 &gatal, bgitu nyampe dirumah sbelum tidur saya pnasaran coba minum herbal propolis melia 10tetes, pas bangun pagi…wah badanku hampir bersih gak gatal. Smoga ini jadi solusi baru buat kaligaters. Makasih buat author nya Chandra.

  131. dita yusnita says:

    lagi hamil kena kaligata mantep bngeut.. periksa cuma dikasih PK,gak boleh minum obat apa”

  132. anggi says:

    Dr jaman SD ampe skrg 21thn tiap malem selalu kumaaat ga prnah kelewat sharipun ! Smua jenis obat/bedak2an dicoba, give up bget sm satu pnyakit ini, suka diakalin balur kayu putih trs langsung pake baju+celana panjang yg rada ngepas dibadan . Lama2 ga gatel :D kalo lg parah yaa trpaksa smbil mnum incidal/deextem plus

  133. fast diet says:

    Kalau menurut cerita orang tua dahulu jika terkeka gatal kaligata biasanya di obati dengan tikar yang terbuat dari daun pandan di bakar kemudian abunya di oleskan pada tubuh yang gatal-gatal/memerah.

  134. fast diet says:

    Betul sekali Anggi, saya juga pernah kena gatal kali gata beberapa bulan yang lalu karena salah makan, tapi ada yang memberi tahu agar minum obat incidal /dextrem dan hasilnya tokcer rasa gatal di tubuh berangsur hilang hanya 2 kali minum saja dan harganya juga sangat murah sekali, biasanya bisa beli di toko obat atau apotik.

  135. Amry says:

    Salam. . Lovers kaligata. . . Saya juga mau curhat ni. . Terkhir kali kna kligata waktu sd. . Eh tiba” skrg kna lagi. . .blom minum obat apa” sih. . Aku mau coba air garam tambah air panas ngilu” kuku. . Kata org banyak yg nyaranin manjur. . . Ni lagi praktek ni. . . Klo berhasil ntar saya kabarin y. . Sabar shabat klo gata

  136. Mahia says:

    Nice artikel. Ternyata banyak sekali ya yang terkena kaligata. Jadi senang banyak temannya. Lhoo?? :)

    Saya juga menderita kaligata sejak kelas 3 SMA, sampai sekarang saya menikah dan mempunyai anak. Kaligata yang saya derita tergolong parah karena sudah bengkak di area mata, bibir, dll.
    Untuk pengobatan, dulu saya minum obat-obatan ethical jenis antihistamin yang familiar diantara penderita kaligata seperti ctm, loratadaine, dextamine, incidal. Tapi karena kaligata saya munculnya tidak sehari-dua hari, melainkan berbulan-bulan, saya jadi takut untuk mengonsumsi obat-obatan tersebut. Apalagi sekarang saya juga menyusui. Bagaimanapun juga, obat adalah bahan kimia, pasti memiliki efek samping apabila dikonsumsi dalam waktu lama.
    Sekarang saya mulai mengonsumsi ekstrak daun bidara. Biasa dijual di toko-toko herbal. Cukup dengan menyeduh 2 sdm ekstrak bidara dengan segelas air hangat. Lalu diminum. Insya Allah kaligata akan hilang. Kalau saya bertahan sampai 2 tahun. Hanya dengan 4 kali minum ekstrak daun bidara.
    Saya hanya sekedar berbagi. Respon tubuh manusia pasti akan berbeda-beda, tapi tak ada salahnya untuk dicoba. Namanya juga ikhtiar. :)
    Semoga bermanfaat dan lekas sembuh.

    Salam hangat.

  137. Vinco says:

    Hai mau tanya, bener ga kaligata bisa d sebabkan karena gigi berlubang?

    Soalny taun lalu saya kaligata, dan disarankan oleh dokter untuk cek dari gigi. Setelah perawatan gigi untungnya sembuh.

    Sekarang ini saya ada gigi bolong lagi dan kaligata keluar lagi, apa benar ada kaitanny gigi bolong dan kaligata? Thank you

  138. RIZAL says:

    saya pernah mengalami.
    mungkin dulu saya pecandu obat obatan terlarang, solusi buat kalian untuk sembuh. mungkin kalian semua tau (AM anggur merah) saya minu itu alhamdulilah sembuh.
    tapi ingat niatnya untuk mengobati, bukan untuk menghilangkan kesadaran.

  139. ivan says:

    saya juga sering kena kaligata… cara mengatasinya biasanya saya melarutkan garam dapur sebanyak 2 sendok makan ke dalam 1,5 L air… kemudian air garam tadi digosokkan pada area yg terkena kaligata.. insya allah 1 jam kmudian lngsung sembuh…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

CommentLuv badge