Suara Gaang, Jangkrik & Burung

Pagi tadi seperti biasa saya berjalan menuju kantor, ketika melewati kumpulan semak-semak, tiba-tiba telinga saya menangkap suara yang sudah lama banget tidak saya dengar, itu suara Gaang, Jangkrik dan Burung! Wah bahagianyaaaa.

Mendengar suara itu, saya jadi teringat suasana saat kemping dulu di Bumi Perkemahan Sukamantri bersama sahabat saya: Kim Yung, Hadi, Tandi, Dyon, Mondrian, dll. Itu suara hutan yang saya kangeni, nah lho jangan-jangan itu adalah panggilan hutan yah ๐Ÿ™‚

Ngomongin masalah hutan, saya dulu sempet mau jadi mahasiswa kehutanan lho hehe ๐Ÿ™‚ karena mikirnya pasti damai banget kalo dihutan.

Mungkin ini kebetulan belaka, saat saya sharing dalam acara TTT Google Gapura Digital di Semarang beberapa hari lalu, salah satu trainer yang hadir disana mengenakan kaos yang bertuliskan lindungihutan.org wiiii keren banget.

Suara Gaang, Jangkrik dan Burung yang saya dengar pagi ini menyadarkan saya untuk lebih aware / sadar akan suara yang ada di sekitar, kadang saya terlalu sibuk sehingga kadang tidak mendengar suara-suara yang sebenarnya sangat indah, mungkin termasuk suara hati saya sendiri. ๐Ÿ™‚

Jasa Penyusunan SOP dan Peraturan Perusahaan

Pada suatu sore adik ipar saya menghubungi untuk menanyakan perihal cara membuat SOP, waduh mana bisa saya membuat SOP, karena selama ini saya hanya pengguna saja, saya pun menyarankan dia untuk mencari Jasa Penyusunan SOP saja, agar bisa membantu perusahaannya agar bisa berkembang.

SOP yang merupakan singkatan dari Standard Operating Procedures memiliki pengertian yang beragam. Berikut adalah pengertian SOP menurut hrd-forum.com :

  • SOP adalah suatu set instruksi (perintah kerja) terperinci dan tertulis yang harus diikuti demi mencapai keseragaman dalam menjalankan suatu pekerjaan tertentu (detailed, written instructions to achieve uniformity of the performance of a specific function) dengan berpedoman pada tujuan yang harus dicapai.
  • SOP (Standard Operating Prosedure) adalah serangkaian instruksi tertulis yang dibakukan (terdokumentasi) mengenai berbagai proses penyelenggaraan administrasi perusahaan, bagaimana dan kapan harus dilakukan, dimana dan oleh siapa dilakukan.SOP adalah serangkaian instruksi yang menggambarkan pendokumentasian dari kegiatan yang dilakukan secara berulang pada sebuah organisasi (EPA, 2001)
    SOP adalah suatu panduan yang menjelaskan secara terperinci bagaimana suatu proses harus dilaksanakan (FEMA, 1999).
  • SOP adalah serangkaian instruksi yang digunakan untuk memecahkan suatu masalah (Lingappan, 2000).
  • SOP adalah sebuah panduan yang dikemukakan secara jelas tentang apa yang diharapkan dan disyaratkan dari semua majikan dalam menjalankan kegiatan sehari-hari (โ€œDeveloping standard operating procedures in Wildland Fire Managementโ€, 2003).
  • SOP adalah Suatu standar/pedoman tertulis yang dipergunakan untuk mendorong dan menggerakkan suatu kelompok untuk mencapai tujuan organisasi.
  • SOP merupakan tatacara atau tahapan yang dibakukan dan yang harus dilalui untuk menyelesaikan suatu proses kerja tertentu.

Menurut saya sendiri SOP (Standard Operating Procedures) dibuat perusahaan agar karyawan mengetahui apa yang harus dikerjakannya, sebagai guideline bagi karyawan. SOP itu sendiri harus diperbaharui seiring dengan waktu karena bisa jadi pekerjaan dari karyawan sendiri bisa bertambah atau berkurang.

Selain SOP, perusahaan sendiri perlu membuat peraturan perusahaan, saya mengistilahkannya sebagai do and don’t dari perusahaan, agar karyawan tidak salah langkah. Peraturan Perusahaan ini, seperti SOP harus diperbaharui, contoh dari peraturan perusahaan adalah tentang penggunaan pakaian kantor, di kantor saya sendiri mengharuskan karyawan untuk menggunakan lengan panjang, beberapa tahun belakangan peraturan dirubah, karyawan bisa menggunakan batik untuk pakaian kerja.

Oh ya jika kamu tertarik dengan undang-undang ketenagakerjaan bisa melihatnya di http://www.kemenperin.go.id/kompetensi/UU_13_2003.pdf

Balik lagi ke Jasa Penyusunan SOP dan Peraturan Perusahaan, kebetulan saya memiliki teman yang bekerja di perusahaan yang mengurusi hal tersebut, bisa cek website mereka di www.aturkantorku.com

 

Jangan meremehkan perbuatan baik walaupun sepele

Malam itu ketika saya sedang ke mall, saya berjumpa dengan seseorang yang wajahnya familiar, saya bener-bener blank dimana saya bertemu dengan orang itu.

Dia tersenyum dan berkata, “Dulu bapak yang membantu saya mengirimkan email untuk lamaran kerja, saat itu saya bekerja sebagai satpam di teras kota.”

Wah, saya beneran lupa kalo saya dulu pernah membantu dia.

Saya sangat senang bisa bertemu dengan dia, terutama tindakan kecil yang dulu saya lakukan bisa memberikan kebaikan pada dirinya dan keluarga.

Mungkin bagi kamu, tindakan kecil atau sepele, tapi hal itu merupakan hal besar bagi orang lain.

Jangan lelah untuk selalu berbuat baik.

tambahan:

Dia sangat baik membelikan minuman botol kepada saya, dengan berat hati saya tolak karena saya mengurangi konsumsi minuman manis. Thank you yah mas. ๐Ÿ™‚

Ikutan Kenduri EUKM 2017 di Jogja itu bagai mimpi

Percayakah anda pada mimpi? Mimpi menurut saya bisa saja sebuah firasat, keinginan terpendam atau hanya sebagai bunga tidur.

Beberapa hari lalu saya mengikuti event yang bertajuk kenduri eukm yang diselenggarakan di Jogja.

Berada di event tersebut membuat saya seolah bermimpi, mengapa demikian? Karena saya bisa bertemu dengan orang-orang yang biasanya hanya bisa saya lihat di social media.

Siapa yang tidak kenal dengan ratakan, marketplacenya para internet marketer se-Indonesia, sore itu saya bertemu dengan shembah! Saya merasa bertemu dengan dewa hehe. Saya bilang ke dia bahwa saya biasanya hanya membaca statusnya saja di facebook, sekarang bisa melihat secara langsung, oh my!

Siapa pakar branding di Indonesia? Jawabannya tak lain dan tak bukan adalah Pak Bi aka Pak Subiakto. Saya cuma bisa duduk terpaku saja menyaksikan beliau tampil dan dasar nasib saya sedang mujur, saya berkesempatan untuk nguping percakapan beliau dengan kumendan hehe.

Sunil Tolani, siapa yang tidak kenal idaff! Ngedenger dia ngomong, gemetaran euy. Orangnya pinter banget.

Charlie Kartadipura, duhhhhh ini orang so so humble, kalo dia boneka sudah pasti saya peluk, founder indocpa, orangnya sangat-sangat baik dan terbuka…

Melihat dia perform di panggung? Mantab tenan deh! Mas Jaya Setiabudi, salah seorang inspirator saya. Bisa ketemu langsung? Pengen pingsan rasanya. Hehe.

Bertemu mas Anggara, sang pemilik Lapis Bogor, gile banget! Orangnya super duper baik.

Bertemu mas Nofi, duhhh ini pakar facebook yang rendah hati, senang rasanya bisa ngedengerin dia ngajar di atas panggung, saya ingat dulu saya pernah ikut training dia di daerah serpong.

Masih banyak pakar lain yang saya temui kayak om Heri Bertus, om Edgard, om Juliyanto, om Maro, om Feri, om Moko beserta Istri, om Nanang, istrinya kumendan alias tante Silvia Ratna, om “prof” Wicak, om Radian, om Tri hosteko, om Tito, mbah Mofied, tante Cupit, om Cahyo, om Adam Day, om Donny BU, om Erik, om Dewa SEO, om Patata, om Ahmad Zakyi, tante Hanna, tante Saskia, om Kemal dan banyak yang lain (mohon maaf jika belum disebut) oh ya yg terakhir saya ketemu kumendan hehe alias mas keke alias riyeke ustadiyanto.

Duh rasanya ingin saya terus bermimpi…

Kringggg! Tiba- tiba saya mendengar dering alarm handphone pukul 04.00 membangunkan saya dari mimpi indah untuk segera berangkat menuju BSD City.

Jika ada acara kenduri eukm lagi, pokoke kudu dan harus ikut!

kenduri eukm 2017 jogja

kenduri eukm 2017 jogja

kenduri eukm 2017 jogja

kenduri eukm 2017 jogja

kenduri eukm 2017 jogja

kira-kira begini penampakannya, lho, mana fotoku yah?

Ini foto di hasil ngegrab dari facebooknya patata.

Tolong bantu saya memilih makanan vegetarian dan asam urat

Saya seorang vegetarian dan ternyata saya kena asam urat, ini membuat saya harus semakin picky dalam memilih makanan yang akan konsumsi.

Berikut adalah list makanan yang biasa saya makan (siapa tahu nanti kamu akan traktir saya hehe)

  1. Nasi Uduk (tanpa sambel kacang tentunya)
  2. Nasi Goreng Polos
  3. Cap Cay (tanpa daging)
  4. Bubur (tanpa ayam dan kacang)
  5. Lontong Sayur
  6. Cah Tauge

Apakah kamu bisa bantu saya menambahkan makanan lain yang bisa saya konsumsi?

Apple ID hampir di hack

Ketika membuka email saya mendapatkan email dari Apple ID dengan judul/subject email: Access From New Device

Isi email:

=========================================================

Your account has been accessed from China

Hello, <#[email]#>

Because your account has been accessed by the device is not in the know, our security team lock your account temporarily. Continue reading “Apple ID hampir di hack”